Kamis, 18 Agustus 2022 Krong Siem Reap, Cambodia

Solo Travelling Pertama Penuh Drama di Kamboja (Part 2)


Kamu sudah baca part I gaes? Baca dooongs, disini yak! hehe.


"Mbak, mbak.. sepeda-nya sebutut apa sih? Jadi penasaran..", kata Rudi—junior saya di kantor—setelah baca cerita saya di part I. Saya baru kepikiran, harusnya saya foto ya waktu itu buat antisipasi pertanyaan cem ini. Saya pikir orang tidak mungkin tertarik lihat bentukan sepeda buluk yang enggak estetik blas, jadi buat apa difoto gitu. Ternyata ada orang-orang seperti Rudi. Hehe.


Saya lanjutin yha ceritanya!


Jadi Korban Insiden Rumah Tangga Driver Tuk-tuk


Saya sampai Angkor Wat saat matahari sudah tinggi, dengan wajah bersimbah keringat bercampur air mata. Untungnya wajah saya masih bisa dikenali Petugas Loket, jadi saya masuk tanpa masalah. Hehe. Ternyata, jalur sepi yang saya lewati ujungnya benar ke Angkor Wat tapi itu bukan jalur yang umum. Thank you gmaps, ini bukan yg pertama kalinya kamu ngelakuin ini. Atau.. bisa jadi saya yang salah belok waktu itu, jadi dia re-route ngarahin ke rute itu. Wkwk.


Jalur utamanya yang warna kuning, saya lewat di jalur sebelah kirinya. Hehe.


Sampai di Angkor Wat, si Sepeda Butut saya parkir dengan metode diikatkan ke pohon. “Engga apa-apa neng!”, kata Bapak-bapak yang lagi nongkrong di atas Tuk-tuk yang menangkap ekspresi kecemasan saya. Yha, walaupun butut gitu saya khawatir juga kalo hilang sih. Kalo misalnya hilang dan harus ganti, saya seperti beliin si Host sepeda baru dong.. nooo nehi nehi! Saya lalu mengangguk sebagai isyarat ucapan terima kasih. Saya enggak ngerti blas bahasa khmer gaes, bahkan sekedar ucapan terima kasih. Syulit sekali mengikuti artikulasi dan intonasinya, jadi tenkya-tenkyu sama ngangguk-ngangguk aja.


Angkor Wat terlihat gagah dan megah di tengah danau luas yang mengelilinginya. Kalo tidak salah ini representasi kita (bumi) yang dikelilingi lautan. Jembatan utama penghubung pintu masuk ke candi dan beberapa sisi candi terlihat sedang dipugar saat itu. Saya disambut monki-monki yang pose sok cool di hand rail jembatan. Monkinya sangat narsis aware sama kamera, tapi anteng tidak jahil nyolek-nyolek barang pengunjung. Pandangannya menerawang jauuuh seolah sedang merenung mikirin “aku makan siang apa ya hari ini?”. Hahaha, kegelisahan orang kantoran banget ini mah!


Model 1.

Model 2.


Saya tidak bisa menjelaskan betapa magnificent-nya arsitektur Angkor Wat, detil ukiran di dinding candinya keren banget sih. Menurut saya yang tidak tahu apa-apa soal percandian, relief di Angkor Wat lebih detil dari Prambanan dan Borobudur. Struktur relief-nya jelas dan indah gitu. Kata ilmuwan Henri Mouhot, kemegahan candi ini menyaingi Bait Solomon yang dibangun Michelangelo. Jenius banget enggak sih, membangun bangunan seperti ini sekitar 800 tahun yang lalu. Yha~ I know… I am boring, anak yang suka cerita-cerita napak tilas jejak orang di masa lalu biasanya dibilang membosankan. Kalo kamu enggak relate, buat wawasan aja gaes. Hehe. Saya kadang juga penasaran, orang di masa depan akan mengenang kita seperti apa ya? Bilang kita keren juga enggak ya? Masih diterusin lagi! hahaha.


Setelah wah-weh-wah-weh (baca : kagum) melihat bangunan candi dan nguping tour guide kanan kiri—Turis enggak modal, saya memutuskan keluar untuk explore kompleks candi yang lain. Saya merasa lemas saat melihat sepeda saya—yang masih utuh terikat di pohon, karena tubuh saya sudah lowbat. Ditambah lagi luas kawasan candi ini sekitar 160an hektar. Tapi masa saya pulang padahal baru lihat satu kompleks candi? bayarnya 500 ribu loh… Oooh… mental enggak mau rugi saya meronta-ronta.



Ditengah pertempuran batin itu, ada supir tuk-tuk yang deketin saya menawarkan jasa antar keliling kompleks candi bahkan sampai yang terzauuuh. Wow, perfect timing! Sepertinya bangabang tuk-tuk ini ahli microexpression deh! Hmm… ketebak mulu sayah! Saya lupa-lupa ingat harga deal-nya berapa, tapi awalnya masnya menawarkan tarif 40 USD dan saya tidak berhasil nawar. “Enggak usah dijelasin kalo gitu nyisanak!!”, kalian mbatin gitu enggak gaes? Hahaha. Ah asem betul, akhirnya saya ngeluarin biaya 2 kali, sewa sepeda dan tuk-tuk tour. Pesan moral : jangan terlalu percaya sama diri sendiri! Hiks.


Bukan abang tuk-tuk saya.


Perasaan saya campur aduk waktu saya naik tuk-tuk abangnya. Tapi balik lagi seperti kejadian sebelum berangkat, kejadian yang tidak kita duga bisa terjadi kapan saja. Move on, embrace uncertainty! Sing legowo nduk!, kata saya ke diri sendiri. Akhirnya tuk-tuk tour nya dimulai. Sebelum berangkat ke kompleks berikutnya, si abang ngajak saya mampir ke warung milik istrinya (sepertinya) untuk mengambil satu pack air mineral. Was-wes-wos~ Saya merasakan angin segar di kanan-kiri saya—karena banyak pohon lebat di pinggir jalan, dan sampai di kompleks Angkor Thom tanpa susah payah.


Seingat saya relief di Angkor Thom tidak seutuh di Angkor Wat, tapi areanya luas banget mungkin hampir 2 kalinya. Puas melihat hal yang sama, saya bergegas keluar dari area candi yang paling besar (Bayon Temple) melalui pintu timur, ke parkiran tempat abang tuk-tuk ngetem. Mata saya sibuk mencari wajah abang tuk-tuk saya, daaan.. abangnya tidak ada! Jiambreet! kena scam tah saya ini? Saya blank! Saya sempat diam sesaat lalu kaki saya tiba-tiba jalan ke arah saya datang tadi. “Saya harus balik ke parkiran sepeda. Masih ada tidak ya sepedanya?”, pikir saya. Saya panik dan kesel setengah mati.


Saya lalu tiba-tiba dikagetkan oleh seorang abang tuk-tuk yang berlari dari arah belakang saya. Dia menahan saya sambil berusaha menjelaskan sesuatu dengan bahasa khmer dan tubuhnya. Dari gerakan tangannya dia mengarahkan saya ke tempat tuk-tuknya diparkir. Sh*t! Saya barusan kena scam tapi si abang nawarin saya tuk-tuk lagi? Ini kerja sama atau gimana sih? Sumpah, kesal tingkat dewa sampai pengen nonjok abangnya. Abangnya berusaha nenangin saya dan menjelaskan kali ini dengan little-little english-nya, dan inti yang saya tangkap adalah, “Driver tadi itu saudara saya, dia harus ninggalin kamu karena ada masalah sama istrinya. Jadi, dia minta tolong saya gantiin dia buat nganterin kamu.”


Suasana jalanan di komplek candi.


Matanya terlihat tulus dan saya luluh juga akhirnya. Saya lalu ngikutin abangnya setelah memastikan tidak ada biaya tambahan lagi untuk tour-nya. Setelah mood saya membaik, saya coba merunut lagi kejadian super menyebalkan barusan dan menyiapkan altenatif penyelamatan diri kalo ada hal buruk lagi. Trus saya ingat, oh pas ambil air tadi, memang ada wanita yang ngikutin supir tuk-tuk saya dengan langkah yang terlihat kesal. Ini dugaan saya saja sih, si abang tadi pulang karena hal itu. Karena dia tidak tau cara menghubungi saya, jadi dia pergi dan nitip ke saudaranya. Yha, anggap saja begitu.


Pemalakan Berkedok Bantuan


Sampai di destinasi selanjutnya, sebelum masuk ke area candi, saya menyumpah abang tuk-tuk yang baru ini. “Janji ya bang kamu bakal nunggu disini, tidak pindah tempat apalagi ninggalin saya seperti Saudaramu tadi. I trust you! Cuma kamu harapanku, okay?”. Dia mengangguk dan kami saling kenalan. Saya baru kepikiran ini setelah kejadian sebelumnya, at least saya tahu namanya gitu supaya bisa manggil dia dari Information Center. Tapi pas sudah kenalan pun saya tidak tahu pelafalan namanya gimana, hahaha. Akhirnya saya hanya mengulang-ngulang, “I trust you ya…”, dan dia mengangguk lemah.


Saya masuk area candi dengan gelisah, sesekali nengok ke belakang untuk ngecek si abang masih disana tidak. Setelah masuk lebih dalam dan abangnya sudah tidak terlihat lagi, saya melihat toko souvenir di depan saya. Perasaan gelisah itu berganti dengan antusiasme menghabiskan uang saku. Hahaha. Yha, karena sedari tadi saya tegang, saya merasa perlu refreshing sedikit lah. Setelah puas menawar dan dapat pashmina khas Kamboja juga tempelan kulkas, saya masuk area candi.




Saya tidak lama di kawasan candi Banteay Srei, candi berdinding batu berongga berwarna merah maroon yang belum pernah saya lihat dimana pun. Saya kepikiran sama si abang tuk-tuk tadi, takut tiba-tiba ngilang lagi. Mana candi ini lokasinya jauh banget dari Angkor Wat, jaraknya sekitar 31 KM. Bekasi Timur - Ragunan Bok! Baru sadar! Saya tidak bisa balik jalan kaki seperti sebelumnya kan, bisa-bisa pengsan. Saya akhirnya buru-buru ke parkiran nyari abangnya. Hih, engga ada!!! Saya lari-lari kecil nyari diantara mobil-mobil, eh adaaaaa… abangnya lagi tidur di tuk-tuk di bawah naungan pohon “ditemani” angin cemilir yang sesekali lewat syiuu~t syiuu~t. Saya berdiri diam tanpa kata dan nahan nangis, dalam hati saya lega.


Sebenarnya apa menariknya sih tour candi ini? Sezuzurnya tour ini membosankan ya gaes, hahaha. Apalagi buat orang yang tidak punya minat khusus ke sejarah atau seni. Sebenarnya target saya mengelilingi kompleks demi kompleks adalah mendapat foto pohon besar yang akarnya tumbuh diantara dinding candi sehingga nampak seperti monster gurita raksasa. Seharusnya bisa langsung ketemu kalau foto di google akurat, seringnya Reviewer suka salah tag tempat. Mungkin karena saking luasnya kawasan candi ini dan cenderung mirip, jadi turis juga bingung pas nge-tag foto. Saya juga lebih ke pasrah aja ngikutin rundown abangnya.



Anyway, saya sampai ke kompleks candi kesekian lah dan akhirnya ketemu dengan pohon besar itu. Kompleks candi Preah Khan ini paling instagramable sih menurut saya. Sesaat setelah saya masuk kompleks candi, ada bapack-bapack yang nampak seperti tour guide. Dia bisa bahasa inggis dan bergumam tentang sepinya tempat ini sekarang. Dari gelagatnya, saya tahu dia menunggu respon saya. Lalu dia mulai ramah-tamah ke saya, nanya dari mana sama siapa dan akhirnya nyeritain spot-spot tertentu yang populer di kalangan turis. Bapack yang sangat baik hati ini menawarkan bantuan untuk memotret saya di spot-spot itu.



Cekrak! cekrek! “Ganti pose gini neng, gitu neng!”. Wow passionate sekali si bapack, pikir saya. Setelah 2 spot saya pamit dan bilang mau explore spot lain sendiri, tapi bapacknya tidak membiarkan saya begitu saja. Dia ngikooot terus sambil bilang mau fotoin saya. Saya merasa aneh tapi takut diapa-apain kalo nolak maksud baik si bapack. Feeling saya bilang, kebaikan ini mengarah ke hal buruk. Benar saja, setelah spot terakhir bapacknya minta bayaran. Katanya, “kamu lihat kan sekarang sepi pengunjung dan karena saya sudah bantuin kamu, kasih uang dong. Rupiah juga boleh.” DIH! Akhirnya saya kasih 20 ribu doang dan saya buru-buru nyusup ke rombongan lain. Wkwkwk. Pesan moralnya, apapun itu kalau berlebihan seringkali berujung tidak baik.


Hasil karya bapacknya. Saya dipaksa foto disini padahal teriknya minta ampun!

“Sini-sini foto disini! Saya buat kamu punya kembaran.” 😑


Masjid Siem Reap yang Membangkitkan Ingatan masa Kecil


Saat penerbangan dari Kuala Lumpur ke Siem Reap, saya banyak bertemu Ibu-ibu berhijab dan Bapak-bapak berpakaian gamis terusan. Wah, kabar baik dong! Mungkin saya tidak akan terlalu susah menemukan restoran halal. Saya juga sudah tahu kalo di Siem Reap ada masjid dan sengaja cari Hostel yang tidak jauh dari masjid. Siapa tahu ada makanan gratis buat musafir gitu kan, wkwk.. enggak deng! Biar nyaman aja sholatnya.


Anyway, Candi instagramable ternyata adalah destinasi terakhir tour saya. Baru sadar konsep tour-nya ternyata save the best for the last, Hehe. Si abang tuk-tuk amanah menurunkan saya dititik awal, Angkor Wat. Setelah tenkya-tenkyu dan membayar jasanya, mata saya lalu screening area parkir berharap ketemu si abang yang pertama. Ingin sekali ku apresiasi ketidak profesionalannya dengan memberi sepatah dua patah kata kebanggaan Bonek dan Bonita, tapi dia tidak ada.


Saya akhirnya memutuskan untuk duduk-duduk sebentar di pinggiran danau karena merasa letih sekali hari itu. Fisik dan mental saya capek karena hawa panas dan kemalangan beruntun hari itu. Saya lupa baca bismillah kali ya pas berangkat tadi, pikir saya. Atau, semua ini berhubungan dengan niat awal saya yang mau survival challenge dan dikabulin Allah? Wkwk, bisa jadi. Saya jadi melamun dan ngantuk karena anginnya semiliiiiir seger banget—seperti sebuah hadiah, lalu saya dikagetkan oleh orang lokal yang nepok bahu saya. “*#@$%^S*&^@%@%$g@!#%*&*&#bd#$5?”, katanya. “Mau difotoin?”, balas saya. Itu bukan kejadian pertama orang lokal nerocos gitu ke saya, ya gimana ya muka sama kulit kita mirip banget sih.



Berhubung saya punya rencana menutup hari itu dengan sholat di Masjid Seam Reap, saya bergegas balik ke kota—kali ini lewat jalur yang benar. Masjid An-Neakmah Siem Reap sekilas nampak sangat khas, Kamboja banget gitu. Menurut saya karena catnya yang berwarna merah dan hijau tua sih. Warnanya sama dengan pashmina khas Kamboja yang saya beli. Karena penasaran, saya googling preferensi warna mereka itu. Jadi, ada tradisi di Kamboja tentang memakai baju dengan tujuh warna selama seminggu kalo ada upacara penting. Kalo dari cocoklogi makna warna baju, merah berarti keteguhan hati dan hijau berarti harapan. Mungkin warna masjid itu simbol yang berusaha disampaikan Muslim disana sebagai minoritas.


Saya masuk ke masjid dengan ragu-ragu. Saya celingukan nyari tanda tempat wudhu tapi tidak ketemu. Saya inisiatif naik ke atas, eh bener ada tempat wudhu tapi cuma 1 kran aja dan enggak nyala. Saya nyetekin saklar, lampunya juga tidak nyala. Saya celingukan dan nemu meja-meja kecil yang biasanya buat ngaji di sudut ruangan. Disampingnya ada buku-buku iqro’, juz amma, Al Quran, dan buku-buku risalah nabi. Ruangan yang redup membuat suasana syahdu dan cocok untuk flashback jaman kecil dulu. Kenangan ngaji tiap magrib yang enggak tahu kenapa menyenangkan sekali.


Saya memutuskan turun lagi dan cari-cari info dimanakah sumber air berada. Saya lalu bertemu bapak-bapak berpakaian gamis putih pakai peci putih. Dengan bahasa tarzan, dia mengarahkan saya ke rumah penduduk yang satu kompleks dengan masjid. Saya  kaget sekali waktu masuk rumah ibu baik hati ini. Saya lihat anaknya yang difabel tiduran di ruang tamu sekaligus ruang TV. Rumahnya seluas kontrakan satu pintu di Jakarta atau mungkin lebih sempit. Saya trenyuh sekali dengan pemandangan itu. Saya juga baru sadar area sekitar masjid tidak “secerah” tempat lain di Siem Reap. Ya Allah, kayaknya minoritas disini tidak terlalu beruntung. Hiks.


Suasana di dalam masjid An-Neakmah.


Sejak saat itu, hati saya tergerak untuk selalu mencari masjid kalo saya lagi jalan-jalan keluar negeri. Saya bahkan sempat kepikiran ke Siem Reap lagi bawa buku ngaji sama beberapa buntelan tempe gitu. Hahaha. Tapi belum kesampaian. Sebenarnya ini pemandangan kedua saya setelah yang pertama di Fililpina. Setiap melihat itu saya jadi pengen ngelakuin sesuatu gitu buat mereka tapi tidak tahu harus ngapain. Kalo kalian ada yang tahu, sharing ya gaes. Justin pernah usul untuk ninggalin mukena di setiap masjid yang kita datangi. Ide bagus juga sih. Tapi kalo misal susah bawa 2 mukena, minimal kita infaq aja, sedikit banyak pasti ada manfaat buat masjid. Ya kaan?


Nah, itu sih sedikit yang masih bisa saya ingat tentang pengalaman solo travelling pertama saya ke Kamboja. Dari serentetan pengalaman yang saya alami, saya “bawa pulang” banyak pelajaran. Misalnya, selama perjalanan pasti ada aja yg enggak sesuai rencana, chill aja dan pakai waktunya buat bikin “rencana penyelamatan”. Kesal karena perubahan itu manusiawi tapi jangan lama-lama. Sejatinya legowo itu berguna di banyak persoalan sih. Itu sebenarnya yang membuat saya senang jalan-jalan, sembari lihat hal-hal baru saya juga menemukan diri sendiri. Ada banyak waktu saat di kereta, di bus untuk merenung sambil lihat pemandangan. Barangkali ada yang udah nebak, iya! Saya INFJ! Si suka merenung. Hehe. See ya ditulisan berikutnya gaes!





3 komentar

  1. Next time latian sepedaan dulu biar ga rugi, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya gak pedahan dari awal Mas Nyo wakakakak. Tuk tuk aja udah paling bener.

      Hapus
    2. Bisa aku tu sepedahan jauh nyo. Kemarin salah sepedanya aja, hahaha. Sama enggak expect aja hawanya sepanas itu! hiks

      Tapi bener Justin sih, harusnya dari awal enggak usah sepedahan.. enggak berfaedah! wkwk

      Hapus